Teknologi QR Code Bantu UMKM Singapura

Berbagai usaha kecil baru telah mendapatkan manfaat terbesar dari teknologi pembayaran menggunakan kode QR di Singapura, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh National University of Singapore (NUS).

Biaya yang rendah dan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi baru itu telah memungkinkan toko-toko kecil yang baru didirikan untuk meningkatkan jumlah penjualan yang dibayarkan menggunakan kartu secara bulanan sebesar 11%, dibandingkan dengan 2,1% di antara pedagang kecil yang lebih mapan, menurut Sekolah Bisnis NUS, dilansir dari Business Insider hari Jumat (14/12/2018).

Pedagang kecil juga mengalami peningkatan rata-rata 3,4% per bulan dalam nilai penjualan menggunakan kartu kredit dan debit selama periode sembilan bulan setelah teknologi tersebut diperkenalkan.

Kenyamanan pembayaran yang lebih baik dari dompet seluler memiliki efek spillover pada barang dari semua kategori, termasuk barang-barang pilihan seperti barang yang tahan lama, pakaian, dan hiburan.

Di antara pedagang kecil, perusahaan makan seperti restoran, mengalami efek spillover terbesar dalam bentuk peningkatan traffic ritel, dengan peningkatan 12,6% dalam total penjualan menggunakan kartu.

Pengembangan pembayaran seluler memainkan peran yang penting dalam tujuan Singapura untuk menjadi masyarakat tanpa uang tunai, kata Profesor Sumit Agarwal, yang memimpin penelitian.

“Temuan ini juga memberikan masukan penting untuk diskusi tentang fintech dan digitalisasi dengan menawarkan wawasan baru pada efek ekonomi nyata dari peningkatan kemudahan pembayaran dan efisiensi,” demikian pernyataannya yang tertulis di media CNBC Indonesia

 

Sumber:

www.cnbcindonesia.com

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *